5 Langkah Besar Memulai Hobby Aeromodelling

Halo Aeromodellers…..Belajar bagaimana untuk menerbangkan pesawat RC  mungkin tidak sesulit yang anda pikirkan. Sayangnya terlalu banyak orang bersemangat untuk mulai menggeluti hobi ini dengan menghabiskan uang jutaan rupiah, lalu mencoba menerbangkan pesawat modelnya sekitar 20 detik dan crash dengan sia – sia.

Ya, itu menyedihkan. Mereka menyerah, putus asa dan “kapok” tidak pernah kembali ke hobi ini lagi …

Tapi jangan khawatir, hal tersebut tidak akan terjadi kepada Anda karena Anda akan memulainya dengan benar!

  1. Memahami Cara Kerja Pesawat Terbang

 

Untuk mempelajari menerbangkan pesawat rc, Anda harus memiliki pemahaman yang menyeluruh tentang bagaimana pesawat terbang bekerja. Anda harus familiar dengan fungsi kontrol  dan apa dilakukan sebuahcontrol surface terhadap pesawat.

  1. Memilih Pesawat RC Pertama Anda

Walaupun Anda didampingi oleh Mentor  atau bahkan belajar sendiri saat menerbangkan pesawat rc, hal yang paling utama yang harus anda perhatikan untuk memilih pesawat rc pertama anda adalah kestabilan pesawat model dan kemampuan pesawat model dalam  melakukan self correction serta mudah dikendalikan.

Dengan kata lain, jangan pernah memulai hobi ini dengan membeli pesawat model pertama anda dengan model skala warbird jet, atau pesawat aerobatic serta pesawat tidak stabil lainnya. Ini adalah kesalahan yang sangat umum yang dibuat oleh banyak pemula. Kebanyakan selalu ingin menerbangkan pesawat pesawat model yang cantik seperti pesawat jet atau pesawat skala yang sebenarnya bukan untuk pemula. Tapi saya yakin anda lebih pintar dari itu!

Pesawat  Nitro Trainer adalah pilihan tepat bagi pemula yang dalam proses pembelajarannya didampingi oleh Pilot RC berpengalaman.

Pesawat Nitro Trainer memiliki ukuran yang lebih besar dan tenaga yang lebih kuat dibandingkan dengan Pesawat jenis Park Flyer, sehingga perlu lapangan yang lebih luas untuk menerbangkannya dengan aman.

3. Memahami Fungsi Radio Remote Control

“trebuchet ms” , sans-serif; font-size: 12pt;”>Dengan memahami Fungsi dari Radio Remote Control tentunya akan memudahkan anda dalam memulai hobi ini. Pada dasarnya Transmitter mengirim sinyal yang kemudian diterima oleh receiver, nah receiver ini yang meneruskan ke servo –servo yang terhubung pada control surface pesawat model sehingga pesawat mampu bermanuver seperti yang sama yang dilakukan oleh Pilot sebenarnya.

  1. Simulator Pesawat RC

Simulator pesawat rc adalah sarana yang paling memudahkan kita selaku pemula untuk memulai hobi ini, dimana anda tidak perlu harus takut untuk crash. Dengan alat ini anda dapat memulai belajar menerbangkan pesawat rc dengan baik sampai pada saatnya nanti anda aplikasikan pada pesawat model anda yang sebenarnya.

Teknologi dan sistem graphic simulator yang ada pada saat ini sudah sangat baik, dan sangat mirip dengan aslinya, seolah olah kita sedang menerbangkan pesawat model rc yang sesungguhnya.

  1. Bergabung dengan Klub Aeromodelling terdekat

Sederhananya adalah dimana lagi kita bisa berkumpul dengan orang – orang yang memiliki hobi yang sama, sambil melihat koleksi puluhan  pesawat – pesawat rc yang keren, sambil terbang bersama di hari Sabtu dan Minggu yang cerah kalau bukan di Klub Aeromodelling.

Disana anda akan bertemu orang – orang yang ramah, melihat berbagai macam model pesawat rc, dan yang paling penting adalah belajar banyak dari pilot pilot rc yang sudah berpengalaman.Jika Anda berencana untuk belajar bagaimana menerbangkan rc pesawat  bertenaga mesin  atau pesawat electric yang kuat, bergabung dengan klub adalah suatu keharusan.Instruktur di klub akan sangat senang untuk menerbangkan pesawat baru Anda dengan menyambungkan Radio Transmitternya dengan Kabel Tandem ke Radio Transmitter Anda. Dia bahkan akan membantu anda untuk melepas landaskan dan mendaratkan pesawat Anda saat awal mula anda berpasangan dengannya untuk memastikan Anda tidak menghancurkan pesawat baru Anda!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *