Apapun Taiwan Minta, Termasuk 100 M1A2T Abrams dan Stinger Diberikan Washington Sesuai UU

Rudal panggul FIM-92 Stinger. Sumber: Chin Pak/Army

Angkasa.news – Jika Taiwan meminta, Amerika Serikat kemungkinan besar setuju. Seperti Senin (8/7), Departemen Luar Negeri AS menandatangani permintaan Taiwan untuk membeli lebih dari 100 tank tempur utama M1A2T Abrams dan daftar panjang peralatan terkait.

Dalam permintaan yang diteken itu, juga termasuk rudal FIM-92 Stinger yang total jenderal kesepakatannya mencapai lebih 2 miliar dolar AS, seperti diungkap Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan (DSCA).

“Rencana penjualan (108)  tank M1A2 akan berkontribusi pada modernisasi armada tank tempur utama penerima, meningkatkan kemampuannya untuk memenuhi ancaman regional saat ini dan masa depan,” menurut rilis.

Selain itu, Amerika Serikat juga setuju untuk menjual 250 rudal panggul antipesawat Stinger senilai 224 juta dolar.

Puluhan tahun Beijing menganggap Taipei sebagai bagian dari wilayahnya dan mengklaim kedaulatan atas pulau itu.

Taiwan telah berulang kali menolak klaim Beijing dan tetap menyandang nama pemerintah era pra-Komunis, Republik China yang kontrol wilayahnya terbatas pada pulau itu pada akhir perang saudara pada tahun 1949, ketika Republik Rakyat China dibentuk.

Pada Mei 2019, Dewan Perwakilan Rakyat AS dengan suara bulat mengesahkan “Undang-Undang Jaminan Taiwan tahun 2019,” yang mendesak Taiwan untuk meningkatkan pengeluaran pertahanannya.

Selain itu, undang-undang menyatakan bahwa AS harus mengizinkan ‘penjualan reguler dan artikel pertahanan’ ke Taiwan dan harus mempertahankan partisipasi pulau itu dalam organisasi internasional.

Artikel ini diambil dari https://angkasa.news/hot_news/detail/apapun-taiwan-minta-termasuk-100-m1a2t-abrams-dan-stinger-diberikan-washington-sesuai-uu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *